Search

Selamat Datang Kawan Miliader

Gunung Wilis Kediri Jawa Timur; Air Terjun Ngleyangan, Potensi Alam, Perawan Alam, Legenda

Written By kampungusaha on Rabu, 09 Mei 2012 | 21.44

Gunung Wilis adalah sebuah gunung non-aktif yang terletak di Pulau Jawa, Provinsi Jawa TimurIndonesia. Gunung Wilis memiliki ketinggian 2552 meter, serta puncaknya berada di perbatasan antara enam kabupaten yaitu KediriTulungagungNganjukMadiun,Ponorogo, dan Trenggalek. Gunung Wilis mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukithutan Dipterokarp Atashutan Montane, danhutan Ericaceous atau hutan gunung. Obyek wisata Gunung Wilis yang paling banyak adalah air terjun, namun belum begitu dikembangkan hingga saat ini.
        Daerah perbukitan Gunung Wilis pernah dilalui oleh Jendral Sudirman, sebelum melakukan Serangan Sebelas Maret ke Yogyakarta.
         Pendakian Gunung Wilis dari arah timur dapat dimulai melalui Kabupaten Kediri tepatnya Kecamatan Mojo. Jalan menuju ke puncak gunung Wilis sudah dibangun memadai melalui Mojo. Sementara itu dari arah selatan Gunung Wilis dapat didaki dari Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Apabila ingin mencapai Gunung Wilis dari arah utara, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Nganjuk, sementara dari arah barat, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Ponorogo atau Kabupaten Madiun.

Air Terjun Ngleyangan - Kediri

Air terjun Ngleyangan disebut juga Air Terjun Sekartaji.  Jatuhnya air dari ketinggian + 123 Meter merupakan daya tarik obyek wisata ini disamping udara sejuk karena berada diketinggian 800 meter dari permukaan laut.  Air terjun ini terletak di lereng timur gunung Wilis.
Legenda
           Di atas puncak air terjun ini terdapat sisa situs berupa sumur dan patung-patung Hindu.  Konon di situlah tempat Mpu Brahmaraja hidup bersama putrinya Dewi Amisani (Dandang Gendis) untuk beberapa waktu lamanya sampai ia dijemput pulang ke keraton Kediri untuk dinpbatkan menjadi Raja Kediri yang baru bergelar SriKertajaya untuk menggantikan Jayasheba uyang mangkat beberapa bulan sebelumnya.
Lokasi

Terletak di Dusun Goliman, Desa Parang Kecamatan Banyakan,Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur.
Aksesbilitas

Berjarak sekitar + 20 Km ke arah Barat Laut Kota Kediri.  Dapat  ditempuh dengan menggunakan kendaran pribadi atau angkutan umum.

Bila menggunakan angkutan umum dari kota Kediri naik bus 3/4 jurusan ke kota Nganjuk, dengan tarif Rp 3.000 sampai Rp 4.000. Turun di Pasar Gringging.

Selanjutnya naik Angkudes menuju Dusun Goliman, Desa Parang, desa terakhir sebelum naik ke perbukitan menyusuri jalan ke titik air terjun. Angkudes ini tersedia di depan Pasar Gringging.Alternatif selain angkudes, bisa dengan menggunakan ojek sepeda motor yang bisa ditemui di depan Pasar Gringging.

Selanjutnya setelah turun di Dusun Goliman, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri perbukitan dengan ladang penduduk di kanan kiri sekitar 4 km (sekitar 2,5 jam waktu tempuh). Tidak ada petunjuk jalan yang jelas. Paling hanya goresan dari cat di bebatuan dan mengikuti pipa air.

Air Terjun Ngleyangan juga bisa ditempuh lewat Kecamatan Banyakan.  Dari kota Kediri naik bus 3/4 (dengan tarif  Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per orang) menuju Nganjuk, turun Pasar Banyakan.  Lalu dilanjutkan perjalanan ke arah barat, menuju Dusun Goliman.  Kondisi jalan beraspal mulus hingga ke desa terakhir, Banyakan, akan tetapi berganti bebatuan hingga tiba di Dusun Goliman.
Fasilitas dan Akomodasi
Ketiadaan area parkir mengharuskan bagi yang membawa kendaraan dengan menitipkan kendaraannya pada penduduk setempat.

(Sumber : dari berbagai sumber )