Search

Memuat...
Selamat Datang Kawan Miliader

BAMBU PUNYA CERITA

Written By kampungusaha on Jumat, 15 Juni 2012 | 16.39

CERITA  BAMBU DARI BAKALAN



Bambu atau pring (bahasa jawa-nya) disebut, adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.

Jika kita perhatikan pertumbuhan bambu begitu cepat berkembang di daerah daerah yang dingin dan agak lembab. Di setiap lokasi begitu banyak bambu yang tumbuh misalnya didaerah dekat dengan aliran sungai, tebing-tebing ataupun di pinggir pinggir danau.

Di dunia Kuliner Rebung/tunas pohon bambu merupakan sayuran yang populer dan bernilai ekonomis tinggi, sehingga dicari mulai warung pinggir jalan sampai restoran dan hotel mewah sebagai menu pembeda bagi para tamu-nya.

Bambu dilihat dari pengobatan Cina, digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. Bambu mengandung sumber pottasium yang rendah kalori, rasa manisnya terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik. Di ayurveda, sebuah sistem pengobatan tradisionil indian, konkresi silicious dapat ditemukan pada batang bambu yang disebut banslochan. Di sistem pengobatan indo persia banslochan terkenal sebagai tabashir atau taswhir, sedangkan di Inggris disebut sebagai "bamboo manna". Konkresi ini dikatakan dapat menjadi obat penguat pada penyakit pernapasan. Pada awalnya konkresi ini diperoleh dari Melocanna bambusoides, sangat sulit untuk menemukannya; sekarang sebagian besar sudah digantikan dengan asalam silisic sintetis. Pada kebanyakan literature indian, Bambusa arundinacea dideskripsikan sebagai sumber dari bamboo manna.

Sebagai produk kontruksi bambu dapat digunakan sebagai rumah. Rumah-rumah di pedesaan Jawa dan Sunda masih banyak yang memakai dinding bambu. Pohon bambu yang tebal terutama di bagian pangkal dipakai sebagai kaso. Batang bambu juga banyak dipakai sebagai jembatan darurat.

Di dunia Musik Indonesia, bambu sering digunanakan sebagai alat musik tradisional yang menjadi ciri khas masing-masing daerah Indonesia. Salah satu contohnya adalah Angklung dan Seruling yang berasal dari Sunda.

Dan untuk home Industri, Bambu merupakan bahan baku dari berbagai peralatan rumah tangga yang utama sebelum datangnya era peralatan rumah tangga dari plastik. Bakul nasi, tampah, bubu/perangkap ikan, tempat kue (besek), topi bambu (caping) adalah contoh dari beberapa peralatan yang terbuat dari bambu, dengan perkembangan desain + interiornya bambu dipelajari sebagai komoditas UMKM yang menjanjikan bisnis yang luar biasa.

Eksploitasi bambu sebagai anyaman bagaimana jamur/cendawan di musim hujan, kebutuhan oleh pasar yang tinggi dijadikan nilai ekonomi bagi peningkatan taraf hidup masyarakat yang menyukai bambu sebagai bahan dasar home industri.


Dan eksploitasi tersebut di atas yang sekarang dilakukan oleh sekelompok masyarakat yang ada di Desa Bakalan Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Dengan fasilitasi dana dari PNPM Mandiri Perkotaan atau P2KP, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Bina Warga melakukan terobosan dalam kegiatan sosial, yaitu sosial produktif dengan memanfaatkan potensi lokal yang selama ini belum tergarap dengan serius dengan agenda yaitu Pelatihan Anyaman Bambu sebagai Kerajinan Home Industri yang mempunyai propeks bisnis dimasa sekarang dan akan datang.

Dengan pembiayaan dari BKM Bina Warga sebesar Rp 10.000.000 dengan nama KSM Nyamansari dan di Ketuai oleh Ibu Sumaryayuk, telah dilaksanakn pelatihan anyaman bambu dengan peserta campur (laki-laki dan perempuan) sebanyak 40 orang bertempat di PAUD Desa Bakalan Kecamatan Grogol.

Mendatangkan Tutor dari Kota Kediri binaan Dinas Koperasi dan UMKM, beralamat di Kelurahan Bawang yang sudah malang melintang di dunia anyaman bambu sejak tahun 1990-an, menjadi peserta benar-benar dipahamkan berbagai varian anyaman bambu yang dapat dijadikan home industri.  Pelaksanaan kegiatan pelatihan selama 10 hari telah menghasilkan berbagai macam bentuk; diantaranya tempat tisu, buah, kipas unik, napan, kado, tutup nasi.

Dari kesepakatan peserta paska pelatihan, kedepannya dibentuknya sebuah komunitas eks pelatihan anyaman bambu yang dapat  dijadikan tambahan ekonomi keluarga, apalagi mayoritas peserta 80%-nya adalah perempuan/ibu-ibu. Sehingga hasil pelatihan dapat langsung di follow up-i dan tidak hilang begitu saja sebagai skill individu.

Tanggal, 16 Juni 2012 hasil pelatihan anyaman bambu KSM Nyamansari Desa Bakalan Kecamatan Grogol dijadikan sampling dengan kecamatan lain (Gampeng, Pare) untuk diikutsertakan pameran UMKM di Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri melalui bendera PNPM-Mandiri Perkotaan Kabupaten Kediri bekerja sama dengan Bappeda Kabupaten Kediri.

Anyaman bambu memang sebuah cerita dari Bakalan.


Kontak Person Pemesanan :
Team Fasilitator Jatim 26 PNPM-MP
Pak Kemat
Telp. 081 335 143 741



0 komentar:

Poskan Komentar