Search

Selamat Datang Kawan Miliader

Sambal Pecel Tumpang

Written By kampungusaha on Minggu, 13 Mei 2012 | 07.38


K E D I R I :  

SAMBAL PECEL-TUMPANG


pecel-tumpang        Sambal pecel merupakan bumbu makanan yang dibuat dari kacang tanah, cabai, gula merah (atau gula putih), daun jeruk nipis (atau buahnya), buah asam, dan garam.Sambal pecel digunakan untuk bumbu makanan yang dilengkapi dengan sayuran dan beberapa lauk tradisional seperti tempe, tahu, peyek, Kering, dan lauk lainnya.
        Kediri memiliki sambal pecel yang khas, Pecel Kediri lebih unik karena biasanya aroma kencurnya agak kurang namun rasa cabe merahnya mantap sehingga lebih manis gurih dan pedas. Di kediri sambel pecelnya disandingkan dengan sambel tumpang yang terbuat dari cabe dan tempe bosok (tempe kemarin walaupun tidak benar-benar busuk) dan santan serta laos yang direbus.
       Tumpang atau sambal tumpang adalah sebuah makanan khas dari Kota Kedir i. Cara penyajian sambal tumpang tak jauh beda dengan cara penyajian sambal pecel, yaitu dengan nasi yang di atasnya di beri aneka lalapan atau sayur - mayur yang telah direbus terlebih dahulu lalu disiram dengan sambal tumpang dan diberi peyek sebagai pelengkap, bisa peyek kacang atau peyek teri.
          Sambal tumpang sendiri terbuat dari tempe yang telah busuk atau tempe bosok dan dimasak dengan di campur aneka bumbu seperti lombok atau cabe, bawang, garam dan bumbu dapur lainnya. Jangan keburu jijik jika mengetahui bahan dasarnya yang terbuat dari tempe bosok, tapi cobalah dulu rasanya jika telah matang, pasti akan membuat anda ketagihan
Ada sebuah cara penyajian unik lagi dari sambal tumpang, yaitu dengan mencampurkan sambal tumpang dengan sambal pecel , perpaduan unik nan lezat ini disebut dengan nasi campur dan sambalnya disebut dengan sambal campur. Aneka makanan dengan tumpang bisa anda temui di sepanjang Jl. Dhoho Kota Kediri pada malam hari. (Sumber : http://grosirpecel.blogdetik.com )

0 komentar:

Posting Komentar